Mengenal Neck Gaiter, Fungsi, dan Cara Merawatnya

Mungkin Anda tidak asing dengan benda yang satu ini. Benda yang memiliki banyak fungsi ini kerap dikenakan oleh kaum milenial. Selain karena fungsinya yang beragam, benda ini juga mampu mempercantik penampilan layaknya aksesoris seperti jam tangan, topi, gelang, dan lain-lain. Ya, benda ini adalah neck gaiter atau kerap juga disebut dengan buff.

Lantas, apa sajakah fungsi dari neck gaiter? Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian berikut ini.

  1. Penghangat leher

Salah satu alasan kenapa benda ini dinamakan neck gaiter adalah karena fungsinya untuk menghangatkan leher. Hal ini cocok ketika Anda berada di tempat dengan suhu yang dingin seperti berkendara di malam hari, naik gunung, dan lain-lain. Selain itu, benda ini juga cocok digunakan ketika Anda sedang terkena flu atau demam yang membutuhkan kehangatan di organ tertentu seperti leher.

  1. Sebagai masker

Neck gaiter juga bisa digunakan sebagai masker ketika berkendara. Benda ini akan melindungi Anda dari debu-debu dan polusi udara, khususnya jika Anda berkendara di perkotaan yang cukup padat dan rawan akan polusi udara. Ketika membersihkan rumah, Anda juga bisa menggunakan benda ini agar terlindung dari debu-debu yang ada pada benda-benda yang kotor.

  1. Sebagai headband

Ingin tampil lebih menarik? Coba gunakan neck gaiter sebagai headband. Selain membuat tampilan Anda menjadi lebih keren, headband juga berfungsi untuk menjaga rambut Anda supaya tidak berantakan. Hal ini cocok untuk Anda yang memiliki rambut panjang dan sering terganggu dengan rambut yang berantakan ketika terkena angin atau terlalu sering menggerakkan kepala.

Headband juga berfungsi untuk mencegah keringat di dahi yang langsung menetes ke mata. Keringat adalah salah satu zat sampah dan akan cukup berbahaya jika terkena mata secara langsung. Mata akan iritasi dan dapat menimbulkan gangguan penglihatan. Dengan mengenakan headband, keringat yang keluar di dahi akan segera terserap sehingga tidak menetes ke bagian mata.

  1. Sebagai ikat rambut

Fungsi ini sangat membantu wanita ataupun pria yang memiliki rambut panjang. Selain menggunakan headband, rambut yang berantakan juga bisa diatasi dengan menggunakan neck gaiter sebagai kucir rambut. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengaitkannya layaknya menggunakan kucir rambut hingga rambut terikat secara rapi.

  1. Sebagai wristband

Orang yang bergelut di dunia olahraga pasti tidak akan merasa asing dengan istilah wristband. Benda ini digunakan di pergelangan tangan dan berfungsi untuk mengelap keringat. Alasan kenapa menggunakan alat ini untuk mengelap keringat adalah karena jika mengelap keringat menggunakan telapak tangan, hal itu akan mengganggu olahraga, seperti pada olahraga bulu tangkis, tenis, atau angkat beban.

  1. Dalaman hijab

Fungsi ini sangat membantu bagi para wanita yang mengenakan hijab. Benda ini bisa dijadikan sebagai dalaman hijab untuk mengatur rambut supaya tidak berantakan. Dengan begitu, hijab yang dipakai akan menjadi lebih rapi dan tidak ada kasus rambut yang keluar. Sayangnya, hanya beberapa jenis saja yang bisa digunakan untuk hal ini, tergantung dari bahan pembuatannya.

Tips Merawat Neck Gaiter Agar Bertahan Lama

  1. Gantung setelah digunakan

Anda bisa meletakkan di gantungan baju setelah selesai menggunakan neck gaiter. Jangan terlalu lama menyimpan pada saku jaket atau baju karena akan berpotensi menjadi jamuran. Akan lebih baik jika Anda langsung menjemurnya setelah menggunakan. Anda bisa menjemur di bawah sinar matahari langsung atau cukup diangin-anginkan saja.

  1. Cuci dengan rutin

Karena neck gaiter terbuat dari bahan kain layaknya baju yang biasa dipakai sehari-hari, jadi jangan lupa untuk rutin mencucinya. Setidaknya cuci minimal dua kali seminggu atau akan lebih baik lagi jika Anda langsung mencuci setelah selesai menggunakan. Ini akan langsung membersihkan debu dan keringat yang ada pada kain dan bisa segera digunakan kembali dengan aman.

  1. Tidak terlalu sering menariknya

Semakin sering Anda menariknya, maka tingkat elastisitasnya akan semakin berkurang. Ini akan membuat fungsi neck gaiter ini tidak akan maksimal lagi. Jika sudah terjadi demikian, mau tidak mau Anda harus membeli baru. Padahal, dengan menjaga elastisitasnya, Anda bisa menggunakannya dengan durasi waktu yang jauh lebih lama hingga berminggu-minggu.

  1. Tidak menyetrika

Mungkin sebagian orang berpikir jika neck gaiter disetrika maka akan menjadi lebih rapi dan enak dipandang ketika dibawa bepergian. Namun, ternyata itu adalah hal yang salah. Panas dari setrika justru akan merusak bahan neck gaiter yang menyebabkan usianya menjadi tidak terlalu lama. Alih-alih menyetrika untuk merapikannya, Anda bisa menjepitnya di bagian atas dengan penjepit baju dan lama kelamaan neck gaiter akan menjadi rapi secara otomatis.

Demikian ulasan mengenai berbagai fungsi dan juga cara untuk merawat neck gaiter. Mungkin setelah membaca pembahasan ini, Anda berniat untuk menggunakan benda tersebut. Jika Anda masih bingung di mana Anda bisa membeli benda multifungsi ini, Anda bisa membeli di NAMABRAND. NAMABRAND sudah cukup berpengalaman dalam memproduksi neck gaiter yang berkualitas.

Bagikan postingan ini: